Sejarah Gelap Juventus : Calciopoli

Bagikan

Juventus yang berstatus satu di antara klub disegani di Eropa dan dunia, jatuh ke lubang hitam pada 2006. Setelah berlaga di Serie A selama 109 tahun, Juventus terlempar ke kasta kedua akibat skandal pengaturan skor. Skandal tersebut dikenal juga dengan nama Calciopoli. Kasus tersebut tak hanya mencoreng arang di muka Juventus, tetapi juga menjadi aib yang akan selalu diingat di sepak bola Italia.

Sejarah Gelap Juventus : Calciopoli
Luciano Moggi

Kasus tersebut pertama kali bergulir ketika polisi dan Federasi Sepak Bola Italia (FIGC) melakukan investigasi terhadap hasil pertandingan di Serie A musim 2004-2005 dan 2005-2006. Polisi dan FIGC mencurigai adanya kecurangan pada pertandingan yang melibatkan Juventus. Juventus diduga mendapat keuntungan dari wasit demi memuluskan langkah menjuarai Serie A dalam dua musim tersebut.

Setelah melakukan serangkaian penyelidikan dan investigasi, bukti-bukti pun mengarah kepada Luciano Moggi, yang ketika itu menjabat sebagai Direktur Umum Juventus. Moggi melakukan percakapan dengan beberapa pejabat dari sepak bola Italia untuk memengaruhi penunjukan wasit. Moggi melakukan berbagai cara untuk mengatur pertandingan yang melibatkan Juventus. Pria asal Italia itu melakukan ratusan panggilan dan menerima telepon, pemerasan, penyuapan, hingga ancaman kekerasan. Bukan hanya itu, orang yang tidak mematuhi instruksinya bakal terluka, mereka yang tidak setuju akan menjadi ofisial pertandingan dengan status buruk, sedangkan wasit yang tidak patuh maka kariernya akan hancur berantakan.

Sejarah Gelap Juventus : Calciopoli

Hingga akhirnya, Juventus dan Luciano Moggi diputuskan bersalah. Selain Juventus, klub Serie A lainnya juga terlibat skandal pengaturan skor yakni Fiorentina, Lazio, AC Milan, dan Reggina. Dari kelima klub tersebut, Bianconeri mendapatkan hukuman yang paling berat. FIGC menjatuhkan sanksi berupa degradasi ke Serie B, pengurangan poin hingga 30, dan titel juara musim 2004-2005 dan 2005-2006 dilucuti. Sementara itu, tim lainnya hanya diberi hukuman pengurangan poin dan tetap berlaga di Serie A.

Caliopoli sejarah kelam Juventus

Calciopoli adalah skandal yang mengguncang sepak bola Italia dan melibatkan banyak klub di Serie A. Yang dituduh memilih wasit yang menguntungkan untuk pertandingan mereka sendiri. Bianconeri mendapat hukuman paling berat, dan gelar musim 2004/05 dicabut serta Scudetto yang baru saja mereka menangi pada tahun 2006 diserahkan kepada rivalnya, Inter. Juventus juga terdegradasi ke Serie B pada musim panas itu dan, meskipun mereka hanya menghabiskan satu musim di divisi kedua, mereka membutuhkan waktu hingga Andrea Agnelli mengambil alih kepemimpinan klub pada tahun 2012 hingga klub tersebut memulihkan status mereka sebagai klub sepak bola paling sukses di Italia.

Simak informasi sepak bola terbaru secara lengkap diĀ shotsgoal.com.